Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Direct Instruction dengan media pembelajaran Jendela Geser berbasis web dan terintegrasi nilai karakter islami dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 13 Surabaya. Rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Terdapat empat kriteria efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan model Direct Instruction mencapai kriteria minimal baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai kriteria minimal aktif, respon siswa dalam pembelajaran menunjukan respon minimal positif, dan terdapat peningkatan pretest terhadap posttest siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran terlaksana sesuai dengan langkah-langkah yang tersusun berdasarkan model Direct Instruction mencapai kriteria baik; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai kriteria aktif; (3) respon siswa dalam pembelajaran menunjukkan respon positif; (4) terdapat peningkatan pretest terhadap posttest siswa. Berdasarkan nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,7361 yang tergolong kategori tinggi dan bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Jadi, model pembelajaran Direct Instruction dengan media Jendela Geser berbasis web dan terintegrasi dengan nilai karakter islami berupa istiqomah, efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Surabaya pada materi Fungsi.
Copyrights © 2025