Penelitian ini tergolong dalam jenis pra-eksperimen dengan tujuan mengkaji efektifitas penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk pembelajaran matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni di semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan satu kelas yang diambil selaku sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian dibuat menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, data penelitian mengindikasikan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik mencapai 80,85 dengan tingkat penyebaran data (standar deviasi) sebesar 7,962. dari skor maksimum 100. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar individu berada dalam kategori tinggi, sedangkan secara klasikal ketuntasan hasi belajar mencapai 80%. kemudian, ada peningkatan signifikansi terhadap hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkan oleh rata-rata gain ternormalisasi dalam kategori tinggi. Dari uji one sample T-test, nilai mean post-test berbeda secara signifikan dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Sehingga, dapat diberi kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model Probing Prompting efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. DDI Soni, khususnya dalam materi persamaan kuadrat.
Copyrights © 2025