Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Desain Dan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Ispring Suite Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV

Fitri Mukhlisah (Unknown)
Anas Salahudin (Unknown)
Muhammad Rifqi Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain awal media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite yang dikembangkan pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD, untuk mengetahui hasil uji validitas media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mata pelajaran IPAS kelas IV di SD, dan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mata pelajaran IPAS kelas IV di SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Develeopment) dengan menggunakan model tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor persentase 90%, ahli materi mendapatkan skor persentase 95%, dan hasil validasi ahli Bahasa mendapatkan skor persentase 95%. Seluruh hasil uji validasi dari tiga validator masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil skor persentase respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite dalam skala terbatas yang berjumlah enam orang siswa adalah 92% dalam kategori “Sangat Baik” dan pada skala luas dengan jumlah 34 siswa mendapatkan hasil 91% dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan data yang sudah diperoleh dan pelaksanaan media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suitepada mata pelajaran IPAS kelas IV yaitu pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...