Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 2 (2024): Desember

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIRMADIDI

Bomboa, Christien A. (Unknown)
Watung, sjedie (Unknown)
Rooroh, Agnes (Unknown)
Palangda, Litriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkmunikasi terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan 70 sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah Teknik kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian survey di analisis dengan metode analisis uji normalitas data dan metode analisis linier berganda. Dari uji instrument yang digunakan variabel X1 menggunakan 17 item, X2 menggunakan 14 item dan variabel Y menggunakan 20 item yang dimana semua variabel-variabel valid. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) ada pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi sebesar 45%; 2) ada pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi 36%; 3) dan ada pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi sebesar 59%. Dan sisanya 41% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi Guru, Motivasi Belajar Siswa. ABSTRACK This study aims to determine the effect of Leadership and Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi. The research method used is a survey method with 70 samples. The techniques used in collecting this data are questionnaire techniques, observation and documentation. The results of the survey research were analyzed using the data normality test analysis method and multiple linear analysis methods. From the instrument test used, variable X1 used 17 items, X2 used 14 items and variable Y used 20 items where all variables were valid. The results of the hypothesis test obtained: 1) there is an influence of Principal Leadership on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi by 45%; 2) there is an influence of Teacher Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi 36%; 3) and there is an influence of Leadership and Teacher Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi by 59%. And the remaining 41% is determined by other variables that are not studied. Keywords: Leadership, Teacher Communication, Student Learning Motivation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...