VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024): NOVEMBER

PERAN GENERATIVE AI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN PENELITIAN PADA MATA KULIAH METODE PENELITIAN PENDIDIKAN

Thoharudin, Munawar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan Generative AI Tools dalam meningkatkan kemampuan perencanaan riset mahasiswa pada mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain classroom-based research, data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami peningkatan literasi riset dan kesadaran etika akademik setelah mengikuti pembimbingan reflektif dengan bantuan AI. Mahasiswa tidak hanya menggunakan AI untuk mempercepat penulisan, tetapi juga untuk menstrukturkan ide, membangun argumen, dan merefleksikan logika berpikir ilmiah. Temuan ini mengonfirmasi bahwa AI berperan sebagai cognitive partner yang mendukung kolaborasi manusia–mesin secara etis dan kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan AI Literacy Framework di perguruan tinggi guna memastikan integrasi AI yang reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada integritas akademik.Kata Kunci: Generative AI, literasi riset, perencanaan riset, pembelajaran reflektifABSTRACTThis study aims to explore the use of Generative AI Tools in improving students' research planning skills in the Educational Research Methods course. Using a qualitative approach with a classroom-based research design, data were obtained through participant observation, in-depth interviews, and documentation, then analyzed thematically using the Miles & Huberman model. The results showed that the majority of students experienced increased research literacy and academic ethics awareness after participating in reflective mentoring with the help of AI. Students not only used AI to accelerate writing but also to structure ideas, build arguments, and reflect on scientific thinking logic. These findings confirm that AI plays a role as a cognitive partner that supports human-machine collaboration ethically and contextually. This study recommends the need to strengthen the AI Literacy Framework in higher education to ensure the integration of reflective, collaborative, and academic integrity-oriented AI.Keywords: Generative AI, research literacy, research planning, reflective learning 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...