Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 9 No. 2 (2025): In Progress

Analisis Indeks Aiken pada Uji Validitas Isi Instrumen Validasi Emotion Detection Tool bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme

Hadia Sukma, Yoga (Unknown)
Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)
Setiawan, Rudi (Unknown)
Amani, Risca (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas isi dari sebuah instrumen. Instrumen yang dimaksud ialah instrumen validasi ahli terkait keberfungsian sebuah prototype untuk mendeteksi emosi anak gangguan spektrum autisme (GSA). Desain prototype ini disebut emotion detection tool (EDT). Validitas isi merupakan aspek penting dalam memastikan bahwa instrumen yang digunakan dapat secara akurat dan tepat mengukur indikator yang seharusnya ada dalam instrumen terkait. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, yang melibatkan empat orang ahli yaitu ahli elektronika, ahli informatika, ahli pendidikan luar biasa dan ahli sekolah luar biasa. Validitas isi instrumen ini dilakukan dengan memberikan penilaian pada 11 indikator utama yang dianalisis menggunakan Indeks Aiken untuk menentukan sejauh mana item-item dalam instrumen tersebut memenuhi kriteria validitas isi. Hasil analisis menunjukkan total penilaian indikator instrumen ini menunjukkan koefesien Indeks Aiken 0.78, yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut berada dalam kategori valid secara isi. Namun, masih memerlukan adanya perbaikan pada beberapa item untuk meningkatkan akurasi dan keandalan instrumen tersebut. Penelitian ini berimplikasi pada penguatan proses pengembangan instrumen validasi dibidang pendidikan khusus, serta mendukung penggunaan alat bantu berbasis teknologi sebagai pendekatan preventif dalam penanganan perilaku tantrum anak GSA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...