Kulidawa
Vol. 4 No. 2 (2023): November

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia

Ismaun, Ismaun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode quasy experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest and Posttest Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar materi ikatan kimia, yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia, yaitu 87,05 pada kelas eksperimen dan 70,29 pada kelas kontrol. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung 7,75 > ttabel 1,68 sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi ikatan kimia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kulidawa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Kulidawa is a science applied education journal (biology education, physics education, natural sciences education, chemistry education, and mathematics education). Articles published in the kulidawa journal include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or ...