Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 9 No 5 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank XYZ di Kota Binjai

Simanjuntak, Dimas Prananda (Unknown)
Marbun, Patar (Unknown)
Pribadi, Teddi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan nasabah Bank XYZ di Kota Binjai dipengaruhi oleh dimensi kualitas layanan, seperti jaminan, keandalan, daya tanggap, bukti fisik, dan empati. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 44 responden nasabah kemudian dilakukan analisis regresi linier berganda. Seperti yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung masing-masing sebesar 2,284, 2,263, dan 4,196, yang lebih tinggi dari t-tabel sebesar 2,0244, hasil penelitian menunjukkan bahwa Reliability, Tangible, dan Emphaty memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sebaliknya, Assurance dan Responsiveness tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan; nilai t-hitung masing-masing lebih kecil dari t-tabel, yaitu -1.307 dan -1.053. Nilai F-hitung sebesar 11,247 yang lebih tinggi dari F-tabel 2,455 secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...