Kajian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisa potensi harmonisasi konsep psikologi Islam dan Barat dalam konteks implementasi pendidikan islam. Perubahan dinamis dalam dunia pendidikan menuntut pemahaman yang lebih mendalam terhadap aspek psikologis peserta didik, baik dari perspektif islam maupun Barat. Dalam upaya menggabungkan kedua tradisi tersebut, artikel ini mencari keselarsaan konsep-konsep psikologis, menyoroti perbedaan esensial, serta mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam menciptakan pendekatan yang seimbang. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini membahas bagaimana perbedaan pandangan budaya dan agama dapat mempengaruhi proses harmonisasi. Di samping itu, artikel ini memberikan contoh konkret implementasi metode yang mengintegrasikan elemen-elemen psikologi islam dan Barat dalam pembelajaran. Pentingnya harmonisasi ini untuk mencapai pendidikan yang holistik dan seimbang menjadi sorotan utama, dengan fokus pada pengembangan aspek mental, emosional, dan spiritual siswa. Dengan mendalamnya analisis konsep-konsep psikologi kedua tradisi, artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana integrasi harmonis dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Kesimpulan artikel menggarsisbawahi pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang memadukan nilai-nilai psikologi Islam dan Barat guna mendukung perkembangan individu secara menyeluruh. Implikasi praktis dari harmonisasi ini diharapkan dapat membentuk dasar bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan dan efektif dalam menghadapi dinamika zaman
Copyrights © 2024