Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 10 No 2 (2023)

DAMPAK POLA INTERAKSI ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Rohmah, Cindy Dwi (Unknown)
Muslimah, Muslimah (Unknown)
Anshari, M. Redha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

ABSTRAK Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi orang tua kepada anak dan bagaimana dampak dalam membangun kepercayaan diri anaknya. Sebuah intraksi penting dalam keluarga terutama antara orang tua dan anak. Harmonis tidaknya suatu interaksi dalam keluarga akan memberikan dampak dalam kepercayaan diri anak. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan teknik pengabsahan data triangulasi sumber yaitu dengan memberikan pertanyaan yang sama terhadap beberapa sumber yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga pola interaksi yang digunakan orang tua ketika berinteraksi dengan anaknya. Dari pola interaksi yang digunakan orang tua kepada anak memberikan dua dampak yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positifnya ialah anak memiliki prestasi belajar, optimis, dan kemandirian. Sedangkan dampak negatifnya ialah anak memiliki rasa minder dan pesimis. Kata kunci: Kepercayaan Diri; Pola Interaksi; dampak ABSTRACT This article aims to find out how the interaction patterns between parents and children have an impact on building their children's confidence. An important interaction in the family especially between parents and children. The harmony of an interaction in the family will have an impact on the child's self-confidence. The research method used is descriptive qualitative method, with data collection techniques of observation, interviews and documentation and using data validation technique of source triangulation by asking the same question to several different sources. Based on the results of the study, there are three patterns of interaction that parents use when interacting with their children. From the interaction patterns used by parents to children, it gives two impacts, namely positive and negative impacts. The positive impact is that children have learning achievements, are optimistic, and are independent. While the negative impact is that children have a sense of inferiority and pessimism. Keywords: Confidence; interaction patterns; impact

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...