Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 11 No 1 (2024)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA

Yulianaristin, Eryna (Unknown)
Pramasdyahsari, Agnita Siska (Unknown)
Espiyati, Espiyati (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkonfirmasi peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilakukan dengan empat tahapan yaitu siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A dengan sampel yang dipilih secara purposive berdasarkan rendahnya kemampuan membaca siswa. Topik penelitiannya adalah kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari ujian lisan, lembar checklist, dan lembar observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang. Angka ketuntasan siswa meningkat dari 46% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Peningkatan persentase yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat secara efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang.Kata kunci: kemampuan; membaca; kartu kata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...