Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): January-June

Implementasi Bimbingan Klasikal dengan Model Problem-Based Learning untuk Mencegah Bullying Siswa SMK

Inggit Dwi Ningsih (Unknown)
Uli Makmun Hasibuan (Unknown)
Vemila Yulistadrifani Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini untuk menilai seberapa efektif penerapan layanan bimbingan klasikal yang dipadukan dengan metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam mencegah tindakan bullying di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Masalah bullying dapat merusak perkembangan mental dan sosial para siswa. Dengan menggunakan pendekatan PBL dalam bimbingan klasikal, siswa dilibatkan secara aktif dalam proses mengenali, menganalisis, serta menyelesaikan masalah sosial dengan pendekatan yang rasional dan reflektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Kegiatan diadakan di SMK PAB 2 Helvetia dengan melibatkan 26 siswa dari kelas XI. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan peningkatan kesadaran siswa mengenai risiko bullying serta terbentuknya sikap saling menghargai. Para siswa menunjukkan partisipasi aktif dan mendapatkan pengalaman baru mengenai langkah-langkah pencegahan bullying. Oleh karena itu, dengan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan model pendekatan Problem-Based Learning (PBL) dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, nyaman dan bebas kekerasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...