Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Geprek Abizar di Medan Tembung

Dian Zahra Syahfitri Lubis (Unknown)
Hikmah Indri Yani Harahap (Unknown)
Mutia Salwa Hutauruk (Unknown)
Zainarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Toko Ayam Geprek Abizar yang beralamat di Jl. Pasar 7, Tembung, Kec Medan Tembung. Toko Ayam Geprek ini tidak hanya menyediakan Ayam Geprek saja, tetapi ada menyediakan topping-nya juga seperti telur dadar, hati ampela, telurpuyuh, tahu-tempe, perkedel, petai goreng dan lain-lain. Fenomena ataupun kejadian yang dapat dirasakan langsung olehpeneliti yaitu, Toko Ayam Geprek Abizar dengan desain bangunan yang sederhana dan tidak mewah, pelayanan yang biasa, dan penjualan produk yang hanya menggunakan strategi mulut ke mulut saja, menyebabkan masih kurangnya omzet sebagaimana yang diharapkan dan yang telah direncanakan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, apa kendala yang dihadapi dan bagaimana Solusi dalam menghadapi strategi pemasaran. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori meningkatkan penjualan, UMKM, Strategi Pemasaran, Labelisasi Halal, dan Kendala dalam Pengembangan UMKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Toko Ayam Geprek Abizar dalam meningkatkanpenjualan yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 9P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, payment, packaging) yaitu strategi produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, bukti fisik, pembayaran, dan pengemasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...