Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 2 No. 1 (2024): Volume 2, No 1, 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI PALOPO

Jusrianto (Unknown)
Nur, Haspidawati (Unknown)
Parubang, Daniel (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini non tes dengan cara memberi angket kepada siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi indikator proses dan indikator hasil. Indikator proses dalam penelitian ini yaitu meningkatnya aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berada pada kategori baik. Indikator hasilnya adalah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari data angket motivasi belajar siklus I dan Siklus II pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo. Hasil penelitian menggambarkan siklus I motivasi berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada pada kategori baik. Demikian aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II, sedangkan pada aktivitas siswa berada pada kategori cukup pada siklus I dan berada pada kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa jika model pembelajaran Think Talk Write (TTW) diterapkan pada siswa kelas VIII SMP 4 Palopo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...