SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah (JIPM)
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

HALAWA, YUFITA (Unknown)
LASE, SADIANA (Unknown)
TELAUMBANUA, YAKIN NIAT (Unknown)
HAREFA, AMIN OTONI (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

The study in the background was based ona preliminary study taken at the country junior high school of gunungsitoli alo 'oa, a problem was found (1) that the selection of poorly used learning models was conventional and (2) lack the students' mathematical literacy ability to solve math problems. The purpose of this study is to identify the impact a project based learning model has on student math literacy capability. Research population is class viii of country junior high 1 gunungsitoli alo 'oa year of lesson 2024/2025. The research sample was a viii-a class and a viii-b class of 50 people. Sampling retrieval technique using the simple random sampling. Quantitative research using pseudo-experimental methods. And research instruments in the form of a description of the students' mathematical literacy abilities. Research obtained based on hypothesis testing with statistika parametrics (test t independent), thitung's 1.993 and ttable's 1.678, as thitung> ttable, makes the ho accepted and ha rejected which means: the project based learning model learning is based learning capability. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa, ditemukan masalah yaitu (1) pemilihan model pembelajaran masih kurang tepat yang digunakan masih bersifat konvensional dan (2) Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa Tahun Pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang berjumlah 50 orang. Teknik Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design). Dan instrumen penelitian berbentuk soal uraian kemampuan literasi matematika siswa. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis dengan statistika parametrik (uji t independent), diperoleh thitung sebesar 1,993 dan ttabel sebesar 1,678, Karena thitung > ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti : Adanya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

secondary

Publisher

Subject

Education

Description

SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah (JIPM) terbit 4 (Empat) kali setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang ...