Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Teks Tanggapan terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Air Kumbang

Trisna, Ayu (Unknown)
Effendi, Darwin (Unknown)
Hetilaniar, Hetilaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Teks tanggapan adalah sebuah teks yang berisi respons atau pendapat terhadap suatu hal, peristiwa, karya, atau isu. Tanggapan bisa berupa kritik, pujian, atau saran, yang disampaikan secara objektif dan santun.  Dari hasil observasi bahwa masih ada siswa yang memiliki kesulitan dalam melakukan tugas penulisan teks tanggapan terutama dalam isi dan struktur teks tanggapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran bahasa indonesia dalam teks tanggapan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Air Kumbang. Metode penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif eksperimen. Strategi mengenai kesulitan menulis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan guru salah satu nya media berbasis powtoon. Media berbasis powtoon ini sangat efektif dalam pembelajaran karna membangunkan ketertarikan siswa untuk lebih giat dalam pembelmajaran yang dapat meningkatkan daya ingat siswa. Dengan video animasi, suara, materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Setelah menerapkan pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran bahasa indonesia dalam teks tanggapan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Air Kumbang. Dari hasil tes yang telah dilakukan rata-rata nilai yang diperoleh di kelas eskperimen yaitu 80 dan rata-rata nilai yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 63,26.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...