Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengaruh Bermain Paper Quilling terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru

Br Siahaan, Elsa Margarettha (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)
Risma, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, karena berhubungan dengan keterampilan dasar seperti menulis, menggambar, melipat, dan memotong. Keterampilan ini melibatkan koordinasi antara mata dan tangan serta pengendalian otot-otot kecil. Untuk menstimulasi perkembangan tersebut, dibutuhkan metode yang menarik dan menyenangkan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah paper quilling, yakni seni menggulung dan membentuk kertas menjadi pola tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas paper quilling terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri atas 20 anak dari kelas B5 yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dianalisis dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata dari 36,25% sebelum perlakuan menjadi 84,38% setelah perlakuan. Nilai t hitung = 39,83 lebih besar dari t tabel = 1,729. Paper quilling berpengaruh signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...