Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 147 Pelali Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-Eksperimen dengan desain one-group Pretest-Posttest, melibatkan 22 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest), observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji One sample t-test melalui program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa sebesar 39,50 meningkat menjadi 83,82 pada posttest, dengan seluruh siswa (100%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah perlakuan. Aktivitas belajar siswa juga tergolong sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 87,66%, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan media AR menunjukkan angka yang sangat positif, yaitu sebesar 94,08%. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest (p = 0,000 < 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 147 Pelali Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang.
Copyrights © 2025