Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Penggunaan E-Learning Universitas Negeri Surabaya pada Mahasiswa FEB Angkatan 2023 dan 2024: Analisis Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Aini, Aulia Nur (Unknown)
Fitrayati, Dhiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

E-learning menjadi alternatif penting dalam mendukung perkuliahan di era digital, termasuk di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Namun, sebagian mahasiswa cenderung hanya memanfaatkannya untuk pengumpulan tugas, tanpa mengeksplorasi fitur pembelajaran lain secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), dan Attitude Toward Using (ATU) terhadap Behavioral Intention to Use (BI) e-learning. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan 375 mahasiswa dari seluruh program studi FEB UNESA angkatan 2023 dan 2024. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert 1–5, yang disusun berdasarkan indikator dalam kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) melalui SmartPLS 4.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa PU dan PEOU berpengaruh signifikan terhadap ATU, yang selanjutnya memengaruhi BI dalam penggunaan e-learning. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan mendorong sikap positif terhadap e-learning serta memperkuat niat mahasiswa untuk menggunakannya. Oleh karena itu, sistem e-learning perlu terus dikembangkan agar lebih mudah diakses dan dimanfaatkan secara menyeluruh, tidak terbatas pada satu fitur saja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...