Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran inovatif dengan minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi Harmoni dalam Ekosistem. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas V di UPT SDN 019 Pandau Jaya yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket pembelajaran inovatif, angket minat belajar, dan tes hasil belajar. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran inovatif dengan minat belajar siswa (r = 0,709; p = 0,000) dan hasil belajar siswa (r = 0,685; p = 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan pembelajaran inovatif, maka semakin tinggi pula tingkat minat dan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan strategi pembelajaran yang partisipatif, kontekstual, dan menyenangkan dalam mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini juga merekomendasikan studi lanjutan dengan pendekatan yang lebih luas dan variabel kontrol untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif.
Copyrights © 2025