Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kompetensi Pedagogik guru. Namun, belum diketahui apakah faktor supervisi akademik dan literasi digital dapat mempengaruhi kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengungkap: 1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. 2) Pengaruh literasi digital terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. 3) Pengaruh supervisi kepala sekolah dan literasi digital terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan Kuantitatif. sedangkan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Dalam menganalisis data penulis menggunakan regresi liner berganda, pearson product moment, ANOVA, dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman dengan Kontribusi sebesar 19,4% dengan ketegori Cukup Kuat, dan pengaruh signifikan antara Literasi terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman dengan Kontribusi sebesar 10,5% dengan ketegori Lemah. Sehingga dapat disimpulkan terdapatnya pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik dan literasi digital terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman yang cukup kuat dengan kontribusi sebesar 35,2% dan 64,8% dari faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025