Jurnal Ilmiah Pendas : Primary Education Journal
Vol 5 No 1 (2024): Juni 2024

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS V SDN PASUCEN 02

Fasza, Dea Fitria (Unknown)
Nursiwi Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi operasi berhitung bilangan menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bahwa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) pada materi operasi hitung bilangan kecil sampai dengan 100.000 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Fokus penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan PBL yang mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas dan 30 siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan media papan tongkat untuk bilangan kecil dan siklus II pada perkalian dan pembagian dengan bantuan media ular tangga. Pada siklus I peningkatan hasil belajar mencapai ≥10% dan tuntas sebanyak 24 siswa namun keaktifan siswa dan efektivitas belajar guru belum mencapai ≥75%. Pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar ≥10% dan sebanyak 24 siswa mencapai nilai ketuntasan serta keaktifan siswa dan efektivitas pembelajaran guru telah mencapai ≥75%. Berdasarkan uraian tersebut berarti penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi berhitung kelas V SDN Pasucen 02.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Januari-Juni), dan Desember (Juli-Desember). Berisi artikel-artikel hasil penelitian dan ...