Praktik mindfulness saat ini telah diterapkan secara luas dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan dan psikologi. Mindfulness dalam pendidikan telah terbukti berpengaruh terhadap kesejahteraan akademik peserta didik. Namun penelitian yang mengkaji tentang mindfulness berbasis Islam dengan mengaitkannya dengan ketenangan pikiran dan prestasi belajar masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali lebih dalam bagaimana praktik mindfulness Islami dapat menjadi solusi strategis dalam meningkatkan ketenangan pikiran dan relevansinya dengan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep mindfulness Islami disini menekankan pada nilai-nilai seperti muraqabah, ihsan, khusyu’, ridha, sabar, ikhlas, tawakal, tafakkur, dan tazkiyah an-nafs yang dipraktikkan melalui ibadah shalat dan zikir. Semua nilai mindfulness Islami ini berkontribusi secara signifikan terhadap ketenangan pikiran. Ketenangan pikiran ini, pada gilirannya, memiliki relevansi yang kuat dengan peningkatan prestasi belajar, melalui peningkatan fokus, konsentrasi, motivasi, dan kemampuan mengatasi stres akademik.
Copyrights © 2025