Cendekiawan
Vol 7 No 1 (2025): Cendekiawan

Efektifitas Supervisi Akademik dengan Paradigma Coaching dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Yuniyati, Siska (Unknown)
Anggraini, Cicilia Clara Devi (Unknown)
Darojah, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Belajar merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan terjadi pada dirinya. Guru sebagai fasilitator pembelajaran perlu memahami bahwa murid memiliki keunikan yang membuat mereka berbeda satu sama lain dalam hal belajar. Pembelajaran perlu didesign sedemikian rupa sehingga seluruh murid memperoleh haknya untuk mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Aspek kebutuhan belajar yang meliputi kesiapan, minat, dan profil belajar murid dapat dianalisis dan digunakan sebagai dasar fasilitasi pembelajaran oleh guru. Kepala sekolah perlu mendukung dan memastikan keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat dilaksanakan oleh guru dengan baik melalui supervisi akademik. Rangkaian supervisi akademik seperti, pra observasi, observasi, dan pasca observasi dengan paradigma coaching menjadi kegiatan yang memberdayakan dan konstruktif bagi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas supervisi akademik dengan paradigma coaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan konseptual, yaitu peneliti melakukan studi literatur dari berbagai sumber ilmiah yang sesuai dengan variabel penelitan yang dilakukan peneliti untuk selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan supervisi akademik dengan paradigma coaching dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CENDEKIAWAN

Publisher

Subject

Education

Description

CENDEKIAWAN merupakan kumpulan dari artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka guru, dosen dan praktisi pendidikan lainnya yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah dasar. Menerima artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan terbit setiap bulan Juni dan bulan ...