Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Pelita PAUD

Implementasi Metode Pembelajaran Iqro’ Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Rumah Ngaji Janna Desa Kananga Kecamatan Bolo

Auliyah, Wesiarni (Unknown)
Ruslan, Ruslan (Unknown)
Muslim, Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Pendidikan pada masa kanak-kanak diibaratkan seperti mengukir di atas batu yang ukirannya akan sulit hilang. Hal ini memiliki arti bahwasanya jika sejak kecil anak di didik dengan hal-hal yang baik maka akan terus membekas dalam diri anak hingga anak dewasa. Oleh karena itu, pendidikan yang paling utama bagi anak adalah agama dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Iqro’ dalam mengembangkan nilai agama dan moral Anak Usia Dini, kemudian untuk mengetahui hubungan nilai agama dan moral Anak Usia Dini dalam penerapan metode pembelajaran iqro. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, kemudian untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran iqro’ di rumah ngaji janna bertujuan untuk mengenalkan huruf hijaiyah dengan menggunakan metode iqro’ kepada anak yang berusia 4 sampai 6 tahun. Kemudian penerapan metode pembelajaran iqro’ mampu membentuk nilai moral, diantaranya yaitu rasa cinta terhadap Al-Qur’an, disiplin, tanggungjawab, kejujuran, kerja keras dan kerendahan hati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...