Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Peran Guru PAUD dalam Penanganan Bullying Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5 Tahun di TK Melati Cigandamekar

Nuryati, Nunung (Unknown)
Fitriyani, Rapinah (Unknown)
Iman, Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana Peran Guru PAUD dalam Penanganan Bullying Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5 Tahun Di Tk Melati Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Di peroleh menggunakan instrument pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai bagaimana Peran Guru dalam Penanganan Bullying, bagaimana peran Guru Paud dalam mempengaruhi perkembangan sosial emosional Anak yang menjadi korban Bullying, bagaimana Strategi yang digunakan Guru Paud untuk menangani kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah TK Melati Cigandamekar Kabupaten Kuningan, dengan mewawancarai 3 ( Tiga) orang responden di antaranya kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua murid. Hasil penelitian yang di temukan peneliti adalah dan bagaimana Peran Guru Paud di Tk Melati untuk mengatasi kasus bullying, jenis tindakan Bullying yang di temui di TK Melati Cigandamekar Ini yaitu Bullying Verbal, selain itu ada faktor-faktor penyebab terjadinya bullying, bagaimana bullying mempengaruhi sosial emosional anak usia 5 Tahun dan bagaimana Peran Guru Paud di Tk Melati untuk mengatasi kasus bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...