Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Pelita PAUD

Strategi Pembelajaran Literasi pada Anak Tunanetra dengan Menggunakan Alat Bantu Braille di SLB A Perwari Kuningan

Hernawati, Nina (Unknown)
Juherna, Erna (Unknown)
Wahdaniah, Wini (Unknown)
Nur'afifa, Dara (Unknown)
Fitriyenti, Eka (Unknown)
Kartini, Eli (Unknown)
Fauziyah, Rifa (Unknown)
sopiani, cicih (Unknown)
Sarah, Rini (Unknown)
Fauziah, Hisni (Unknown)
Fauziah, Rusmianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran literasi siswa tunanetra dengan menggunakan alat bantu braille di SLB A Perwari Kuningan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa, sedangkan sampel berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa tunanetra meningkat setelah menggunakan alat bantu braille dalam proses pembelajaran. Direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan alat bantu braille sebagai alternatif dalam pembelajaran terutama dalam meningkatkan pembelajaran literasi siswa tunanetra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...