Jurnal Sains Riset
Vol 14, No 1 (2024): April 2024

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 3 Tomohon

Masloman, Amalya Arcely Dian (Unknown)
Tilaar, Anetha L.F. (Unknown)
Wenas, Jhon R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 3 Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Experiment Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari 2 kelas yang berdistribusi normal dan homogen yaitu kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Data hasil penelitian ini dihitung menggunakan Microsoft Excel dengan uji-t dan menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,33791 ttabel  = 1,67866 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis penelitian diterima atau H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...