Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan pada generasi muda. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam pendidikan lingkungan untuk menjawab tantangan ekologi yang semakin mendesak. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: Bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat berkontribusi dalam membentuk sikap dan tindakan ramah lingkungan pada generasi muda? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap siswa sekolah menengah di beberapa lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran dan tindakan pro-lingkungan di kalangan siswa. Temuan ini diperkuat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam program-program pelestarian lingkungan seperti penghijauan dan pengelolaan sampah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki potensi besar dalam membentuk generasi muda yang peduli terhadap lingkungan, melalui pendekatan holistik yang menggabungkan aspek spiritual dan praktis dalam pendidikan. Penulis berargumen bahwa penguatan kurikulum PAI dengan muatan lingkungan dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung keberlanjutan ekologi di masa depan.Kata kunci: Pendidikan Agama Islam; Kepedulian Lingkungan; Generasi Muda; Pelestarian Lingkungan; Kurikulum.
Copyrights © 2024