ar琀椀kel ini bertujuan untuk menganalisis karakteris琀椀k lukisan pada siswa au琀椀s diYayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Bandung. Studi ini tertarik dalam menganalisiskarakteris琀椀k berdasarkan ranah analisis visual signi昀椀kan dalam intrinsik lukisan, u琀椀litas,dan kri琀椀k hiburan "U琀椀le et Dulce", serta analisis krea琀椀vitas dalam proses pembelajaranmelukis. Peneli琀椀an ini dilakukan selama 35 hari, dimulai dari tanggal 20 November hingga25 Desember 2023. Metode peneli琀椀an yang digunakan adalah metode deskrip琀椀f kualita琀椀fyang ditetapkan untuk mencapai pemahaman yang lebih rinci dalam wacana peneli琀椀an.Hasil peneli琀椀an ini menunjukkan bahwa dalam karakter proses, karakter proses Fa琀椀hSiswanto berada dalam proses memperdalam bakat, dengan bentuk-bentuk signi昀椀kanyang diulang dan berulang. Sementara itu, Yala telah memasuki eksplorasi yang ditandaidengan proses kompromi baik dalam teknik maupun ide lukisan. Dalam konteks u琀椀litasdan hiburan, Fa琀椀h Siswanto menentukan kontras, kecerahan, dan visual yangteriden琀椀昀椀kasi yang meningkatkan kesenangan bentuk dan warna. U琀椀litas menjadi sumberkegembiraan visual. Diiku琀椀 oleh Yala Samita dengan lukisannya yang abstrak, u琀椀litasmempromosikan kebebasan interpretasi, dan kegembiraan melalui bentuk yang dinamis.Terakhir, karakteris琀椀k visual intrinsik yang signi昀椀kan dari Fa琀椀h ditandai dengan daya tarikvisualisasi dan ekspresionis, sedangkan Yala Samita lebih mendalam dalam gaya abstrak. Kata kunci: Karakteris琀椀k Lukisan, Anak Au琀椀s, dan Gambar.
Copyrights © 2024