Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Di Sentra Wisata Kuliner Ketintang Surabaya

Kusnadi, Jasmine Putri (Unknown)
Widagdo, Andika Kuncoro (Unknown)
Sutiadiningsih, Any (Unknown)
Rizkiyah, Nurul Farikhatir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi faktor krusial dalam menjaga loyalitas pelanggan terhadap suatu layanan, termasuk di sektor kuliner. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan, persepsi terhadap harga, dan sarana yang tersedia terhadap tingkat kepuasan konsumen di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Ketintang, Surabaya. Metode kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden yang telah berkunjung ke lokasi tersebut. Tiga faktor independen yang diteliti meliputi kualitas pelayanan (X₁), persepsi harga (X₂), dan fasilitas (X₃), sedangkan kepuasan konsumen (Y) dijadikan sebagai variabel dependen. Sebelum analisis regresi linier berganda dan path analysis diterapkan, seluruh data diuji terlebih dahulu melalui uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun, fasilitas tidak memberikan dampak yang berarti secara individu, walaupun secara keseluruhan tetap memiliki andil terhadap kepuasan secara bersama-sama. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelayanan yang ramah dan profesional serta harga yang dianggap sepadan dengan kualitas menjadi dua faktor utama yang mendukung tingkat kepuasan konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha di SWK Ketintang perlu memprioritaskan peningkatan dua aspek tersebut untuk menjaga dan meningkatkan daya tarik lokasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...