Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasaiswa terhadap materi paragraf dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini penting dilaksanakan karena banyak ditemukan mahasiswa masih rendah dalam semangat dan motivasi untuk belajar, hal ini dibuktikan dengan terlambatnya mengumpulkan tugas dan kurang aktifnya diskusi di kelas. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan mahasiswa UNU Purwokerto dalam berpikir kritis materi paragraf melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menitikberatkan pada pembelajaran berbasis masalah. Penelitian Tindakan Kelas dengan model KEmmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasil pretest pada siklus 1 masih di bawah batas tuntas yaitu 65. Pada post test di siklus 1 ada kenaikan yaitu nilai 70 sehingga naik 6,41%. Selanjutnya pada siklus 2 pre test dengan nilai rerata 68, tetapi pada post test dengan nilai rerata 80 yang melebihi batas tuntas dengan kenaikan 19,2%. Hal ini dapat dikatakan bahwa mahasiswa berhasil meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada pada materi paragraf.
Copyrights © 2024