Interaksi dalam pembelajaran matematika sangat penting, sehingga media yang efektif untuk mendorong interaksi siswa adalah suatu keharusan. Penelitian ini diangkat untuk mengembangkan media pembelajaran “Gono of Board” yang memadai untuk diterapkan dalam praktik soal perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang akan dijadikan peneliti sebagai dasar pembuatan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang memaparkan sepuluh tahapan. Namun, pada penelitian ini disingkat menjadi enam tahapan, yaitu: (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form a Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing. Media pembelajaran “Gono of Board” dinyatakan valid oleh ahli materi mendapatkan skor rata- rata 94%, sedangkan validasi yang dilakukan oleh ahli media memperoleh skor rata - rata 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji coba lapangan yang dilakukan kepada 30 Siswa SMK Budhi Warman I didapatkan skor dengan nilai rata-rata 94% dan memperoleh kategori sangat baik. Peneliti menyimpulkan bahwa media “Gono Of Board” valid, praktis, efektif, dan menyenangkan.
Copyrights © 2024