Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 6 MIMA 29 MIFTAHUL ULUM AMBULU JEMBER

Imroatus Sholihah (Unknown)
Hanik Yuni Alfiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

sama. Kemampuan memahami Al-Qur'an menjadi syarat bagi siswa yang mendaftar di lembaga pendidikan Islam, termasuk Madrasah Ibtidaiyah. Kemampuan ini memberikan kontribusi yang besar dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran yang berhubungan dengan bahasa Arab. Investigasi kuantitatif ini dilakukan di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VI yang terdaftar di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember sebanyak 42 orang; ini merupakan populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode tes. Hasil kemampuan siswa kelas VI MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember dalam membaca teks berbahasa Arab, termasuk Al-Qur'an, menunjukkan nilai turunan rumus Standar Deviasi sebesar 2,5 untuk variabel X dan nilai rata-rata sebesar 91 untuk variabel Y dalam kursus bahasa Arab. Jumlah nilai variabel independen adalah 3661. Dengan nilai 88,5, kemampuan membaca Al-Qur'an menunjukkan tingkat korelasi yang signifikan. Nilai minimum yang dicapai oleh 42 siswa tersebut adalah 81 dan 82, sedangkan nilai maksimal yang dicapai adalah 98 dan 100. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur'an siswa MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember berada pada level tertinggi.Untuk mengetahui hubungan antara kemahiran membaca teks berbahasa Arab dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VI di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember digunakan rumus korelasi product moment. Nilai r pada tingkat signifikansi 1% dan 5% masing-masing adalah 0,393 dan 0,304, untuk derajat kebebasan (df) sebesar 40. Nilai-nilai ini menunjukkan interpretasi korelasi yang rendah. Secara bersamaan, r dihitung menjadi 0,616. Hipotesis alternatif (Ha) diambil dalam penelitian ini karena r Hitung lebih besar dari r Tabel. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang signifikan secara statistik antara kemahiran membaca Al-Qur'an dan kemampuan membaca teks berbahasa Arab. Tercapai konsensus bahwa siswa MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an yang ideal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...