Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya kearifan lokal dalam memperkaya wawasan Nusantara, menilai peran pendidikan tinggi dalam integrasi kearifan lokal, serta mengukur pemahaman dan pengetahuan mahasiswa IAIN Palangkaraya tentang kearifan lokal. Metode survei kuantitatif digunakan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengetahuan dan pemahaman mahasiswa. Hasil analisis dari 22 responden menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup tentang kearifan lokal di Kalimantan Tengah, namun pemahaman tentang wawasan Nusantara bervariasi. Meskipun pengajaran tentang wawasan Nusantara telah menjadi bagian dari kurikulum, penelitian ini menunjukkan kebutuhan untuk meninjau kembali metode pengajaran dan materi yang diajarkan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan yang lebih terstruktur dan mendalam dalam pengajaran untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang identitas dan kekayaan Nusantara. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan dasar untuk pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan penyusunan kebijakan yang lebih efektif di perguruan tinggi dalam mengintegrasikan kearifan lokal dan memperkuat wawasan Nusantara.
Copyrights © 2024