Pandemi COVID-19 telah memaksa perubahan drastis dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring di Indonesia. Salah satu metode yang dianggap efektif dalam situasi ini adalah Project Based Online Learning (PBOL), yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif mahasiswa, serta meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis pengaruh simultan dari PBOL dan keterlibatan mahasiswa terhadap prestasi akademik mereka dalam pembelajaran daring. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi pustaka, data dikumpulkan dari berbagai sumber sekunder seperti artikel ilmiah dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBOL dan keterlibatan mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap prestasi akademik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran daring yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi akademik mahasiswa selama pandemi COVID-19.
Copyrights © 2024