Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 7 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

STUDI KASUS TENTANG EFEKTIVITAS INTERVENSI PERILAKU DALAM MENGATASI TANTRUM PADA ANAK USIA 6 TAHUN

Bakrisuk, Fidya Salim (Unknown)
Pamuji, Pamuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Tantrum merupakan perilaku agresif yang ditandai dengan tangisan, teriakan dan biasa terjadi pada anak usia dini. Perilaku ini dapat mengganggu perkembangan sosial dan emosional anak, serta berdampak negatif pada hubungan anak dengan orang tua dan pengasuhnya. Intervensi perilaku dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu anak-anak dengan tantrum belajar mengelola emosinya dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektivitas intervensi perilaku dalam mengatasi tantrum pada anak usia 6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus tunggal dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan catatan harian. Intervensi perilaku yang diterapkan adalah dengan strategi time out yang bertujuan untuk membantu anak menenangkan diri dan belajar dengan cara positif dalam mengendalikan emosinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi perilaku yang diterapkan efektif dalam membantu subjek anak usia 6 tahun, mengatasi tantrumnya. Pada observasi awal, subjek menunjukkan tantrum dan agresi ketika merasa frustrasi. Pada observasi akhir, subjek tidak menunjukkan tantrum dan agresi. Dia hanya menangis dan membuang hasil guntingannya ke tempat sampah. Orang tua subjek melaporkan bahwa dia menunjukkan kemajuan dalam mengelola emosinya di rumah. Intervensi perilaku yang berfokus pada membantu anak memahami dan mengekspresikan emosinya dengan cara yang konstruktif, serta keterlibatan orang tua, terbukti efektif dalam membantu subjek mengatasi tantrumnya. Studi kasus ini menunjukkan bahwa intervensi perilaku dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu anak-anak dengan tantrum usia 6 tahun belajar mengelola emosinya dengan lebih baik. Intervensi yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru/ pendidik, orang tua/ wali murid, dan profesional yang bekerja dengan anak-anak usia dini untuk mengatasi tantrum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...