Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 9 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

AN ANALYSIS OF CONTENT AND LISTENING MATERIAL: HOW WELL DOES “ENGLISH FOR NUSANTARA” ALIGN WITH PHASE D LEARNING OUTCOMES?

Yakfi, Choirul (Unknown)
Siswoyo, Siswoyo (Unknown)
Kurniati, Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis buku teks bahasa Inggris kelas delapan, "English for Nusantara," untuk kesesuaiannya dengan Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah untuk menganalisis konten, dukungan instruksional, bahasa, dan penyajiannya, serta relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Fase D. Menggunakan kriteria dari Badan Standar Nasional Pendidikan, yang diadaptasi ke skala 1-5, metodologi penelitian ini melibatkan analisis konten dan checklist. Hasil penelitian menunjukkan skor kesesuaian yang tinggi pada konten (87%), dukungan instruksional (85%), bahasa (83%), dan penyajian (80%), dengan skor keseluruhan 84%, yang diklasifikasikan sebagai "Baik." Buku teks ini mencakup Mendengarkan (30%), Membaca (32%), Berbicara (11%), Menonton (11%), Menulis (11%), dan Mewakili (6%), yang mendorong pengembangan keterampilan bahasa yang komprehensif. Penelitian ini mengkonfirmasi kesesuaian buku teks dengan kurikulum dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...