Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SISWA KELAS 3 SDN 2 WANASABA KIDUL

Ramadhan, Wisnu (Unknown)
Putra, Nugraha Permana (Unknown)
Wahyuningsih, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyebaran game online di kalangan siswa kelas 3 SDN 2 Wanasaba Kidul, (2) faktor yang membuat siswa kecanduan game online (3) dampak kecanduan game online dapat merubah perilaku siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian pada penelitian ini adalah 4 (empat) siswa kelas 3 dengan instrumen wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 9 dari 11 siswa kelas 3 bermain game online dan 4 dari 9 siswa yang bermain game online merupakan pecandu game online yang factor penyebab mereka bermain game online adalah lingkungan sekitar mereka sehingga mereka mencoba bermain dan menjadi kecanduan dalam bermain game online, perilaku mereka ketika mendapatkan teguran dari orang tua mereka juga tidak semestinya diucapkan seorang anak pada orang tua mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...