Penelitian ini dilatarbelakangi hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 1 Buyut melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Inatrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar soal kemampuan berpikir kritis, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, perencanaan pembelajaran PBL mencapai persentase 79,41%, aktivitas guru 78,26%, aktivitas siswa 69,31%, dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 72,61%. Pada siklus 2, terjadi peningkatan signifikan dengan persentase perencanaan 95,58%, aktivitas guru 95,65%, aktivitas siswa 95,45%, dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 87,14%. Dalam proses pembelajaran siswa lebih aktif apabila menerapkan model PBL berbantuan media Wordwall, sehingga kemampuan berpikir kritis mereka meningkat. Kesimpulannya, model PBL berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2024