Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS TANEAN LANJANG ARSITEKTUR MADURA DAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Fijriyah, Izzah (Unknown)
Hariani, Shintia Shepti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran geometri di sekolah dasar seringkali menantang karena sifatnya yang abstrak. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, penting untuk mengaitkan konsep-konsep geometri dengan konteks yang dikenal oleh mereka. Artikel ini menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis pada Tanean Lanjang—sebuah bentuk arsitektur tradisional Madura—dan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, observasi, dan studi literatur untuk memahami kebutuhan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Tanean Lanjang dalam pembelajaran geometri dapat memberikan konteks yang relevan, sementara penggabungan bahasa Inggris dalam LKPD memperkaya keterampilan bahasa siswa. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pengembangan LKPD yang memadukan unsur budaya lokal dan kemampuan bahasa sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geometri di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...