Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 11 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DAN PENERAPANNYA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPENSA KELAS IV SDN MARGOMULYO I NGAWI

Maystaladika, Maystaladika (Unknown)
Syamsiyah, Nur (Unknown)
Utomo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Margomulyo I Ngawi dengan memanfaatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media PAPENSA. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV B SDN Margomulyo I Ngawi. Pengumpulan data dilakukan melalui 3 metode yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Dari hasil penelitian, sebanyak 22% siswa tuntas mempelajari materi nilai-nilai Pancasila dan penerapannya pada mata pelajaran pendidikan Pancasila, sedangkan 78% siswa tidak tuntas. Dengan tingkat ketuntasan 53% dan tingkat ketidaktuntasan 47%. Sedangkan, ketuntasan siklus II meningkat menjadi 83% dan tingkat ketidaktuntasan menurun menjadi 17%. Sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik kelas IV B SDN Margomulyo I Ngawi dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media PAPENSA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...