Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 11 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SD NEGERI KARANG ANYAR KAB. NAGAN RAYA

Ramadani, Tiara (Unknown)
Ahadin, Ahadin (Unknown)
Fitri, Aida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran project based learning merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, di mana mereka terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui proyek nyata, peserta didik bekerja dalam jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan proyek yang menuntut pemecahan masalah, kolaborasi, penelitian, dan kreativitas. Model ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran melalui pengalaman langsung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di SD Negeri Karang Anyar Kab.Nagan Raya Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research menggunakan 3 siklus. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Negeri Karang Anyar Kab.Nagan Raya.. Penerapan model Project Based Learning dalam meningkatkan pembelajaran PPPKn menunjukkan adanya peningkatan dari kriteria sedang hingga baik sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat karna penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Bhineka Tunggal Ika. Terjadi kenaikan sebesar 37,96% pada hasil belajar, dari kondisi awal yaitu 20,43% menjadi 58,39%. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bhineka Tunggal Ika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...