Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media sandpaper letter dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak Kelompok A. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 17 Anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi dan dokumentasi yang di analisa secara deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum tindakan dengan stimulasi media sandpaper letter, menunjukkan bahwa ketuntasan pada kemampuan menulis awal anak 17,64%, pada Siklus I kriteria ketuntasan mencapai 29,41% dan Siklus II mengalami peningkatan ketuntasan mencapai 88,23%. Berdasarkan hasil setiap siklus, melalui penggunaan media sandpaper letter pada 17 orang anak Kelompok A Bali dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis awal anak dapat meningkat.
Copyrights © 2023