Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
Vol 8 No 1 (2025): Februari

Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Sidrap Kota Palu Dari Aspek Suasana, Harga, Keragaman Menu dan Waktu Tunggu

Ladong, Fadhilah S. (Unknown)
Wahyuningsih, Wahyuningsih (Unknown)
Muzakir, Muzakir (Unknown)
Asriadi, Asriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

Industri kuliner semakin berkembang dengan banyaknya pilihan yang membuat pelanggan lebih selektif. Semakin ketatnya persaingan industri kuliner, yang memaksa setiap usaha untuk terus berinovasi menghadapi tantangan dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang. Hal ini membuat Rumah Makan Sidrap perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, seperti suasana, harga, keragaman menu dan waktu tunggu untuk tetap kompetitif. Penelitian ini penting untuk memberikan wawasan strategis yang dapat meningkatkan layanan dan daya saing di pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa pengaruh suasana, harga, keragaman menu, dan waktu tunggu terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Sidrap Kota Palu. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik purposive sampling dalam pemilihan sampel sebesar 100 responden. Data dianalisis menggunakan metode Regresi Linier Berganda melalui perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan suasana, harga, keragaman menu, dan waktu tunggu terhadap kepuasan. Serta secara parsial menunjukkan bahwa harga, keragaman menu, dan waktu tunggu memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan suasana tidak memiliki pengaruh. Waktu tunggu ditemukan sebagai faktor paling dominan memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan efisiensi pelayanan, inovasi dalam menu, serta pengelolaan harga yang kompetitif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Selanjutnya, diharapkan untuk terus memperhatikan kepuasan pelanggan, terutama waktu pelayanan yang efisien, keragaman menu yang inovatif, dan harga kompetitif. Serta, terus mengevaluasi aspek lainnya, seperti suasana, meskipun dalam penelitian ini tidak ditemukan pengaruh, tetapi berguna menciptakan pengalaman. Dengan mengoptimalkan faktor-faktor tersebut, usaha kuliner dapat meningkatkan kepuasan serta kesetiaan pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jematech

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN ...