Journal Sport Science Indonesia (JASSI)
Vol 3 No 3 (2024): Journal of Sport Science Indonesia

Pengaruh Latihan Variasi Ladder Drill terhadap Kelincahan pada Pemain Bulutangkis PB Putra Solo Yunior Kab. Rokan Hilir

Sindy Arfilia Deshinta (Unknown)
Hirja Hidayat (Unknown)
Alimandan (Unknown)
Oca Fernandes AF (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari Latihan variasi ladder drill terhadap kelincahan pada pemain bulutangkis PB putra solo yunior Kab. Rokan Hilir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan post test. Dimana dilakukan 2 kali tes yaitu tes awal yang dilakukan sebelum di adakan perlakuan dan tes akhir sesudah diberi perlakuan. Untuk memastikan apakah perubahan hasil pretest dan post test ini signifikan secara statistik, dilakukan uji paired sample test menggunakan SPSS. Uji ini dilakukan untuk membandingkan hasil pretest dan post test dari setiap peserta, serta untuk melihat apakah perbedaan tersebut cukup berarti secara statistik. Berdasarkan hasil uji statistik, nilai rata-rata selisih (mean difference) antara pretest dan post test adalah 2.102, dengan standar deviasi sebesar 0.43292. nilai t hitung yang diperoleh adalah 15.354 dengan derajat kebebasan (df) sebanyak 9. Yang paling penting, nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan antara hasil pretest dan post test sangat signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan variasi ladder drill memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan pemain bulutangkis di PB Putra Solo Yunior Kabupaten Rokan Hilir

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Sport Science Indonesia (JASSI) is under publishment of the Universitas Riau. It is a scientific journal focusing on Sport Education, Physical Education, Sport Coaching, Sports Psychology, and Sports Tourism. It provides a publishing platform for scientists and academicians to share, ...