Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas pemberian reward dalam pembelajaran PAI dan juga terkait dampak pemberian reward dalam pembelajaran PAI terhadap siswa-siswi di SMP Swasta Sabilina Tembung. Pemberian reward ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi yang merupakan jenis penelitian di mana penelitian ini melibatkan penyelidikan ilmiah terhadap peristiwa yang dialami oleh individu dan kelompok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk kreativitas pemberian reward yang dilaksanakan oleh guru PAI dalam pembelajaran di dalam kelas di SMP Swasta Sabilina Tembung yaitu berupa reward materi dan non materi. Reward materi yaitu reward hadiah (berupa uang jajan yang dibertikan kepada siswa-siswi yang berhasil menjawab quiz) dan reward nilai, sedangkan reward non-materi berbentuk abstrak yaitu kalimat pujian dan tepuk tangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa berprestasi agar mereka tetap bersemangat dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi mereka. Dampak pemberian reward yang dilaksanakan oleh guru PAI terhadap siswa berdampak positif terhadap perkembangan kognitif di pembelajaran PAI sehari-hari. Hal ini sesuai dengan hasil temuan peneliti di lapangan bahwa perbedaan sebelum dilaksanakan pemberian reward dan sesudah dilaksanakan pemberian reward ini di 3 kelas yang berbeda sangat signifikan dan terdapat perbedaan yang sangat terlihat.
Copyrights © 2024