PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST

Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SDN 41 Hulontalangi.

Kandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Artikel ini membahas peran krusial guru agama dalam membentuk sikap toleransi siswa di sekolah dasar. Dalam konteks SDN 41 Hulontalangi, keberagaman agama menjadi landasan utama untuk mendalami dampak pendekatan pengajaran guru agama terhadap pembentukan sikap toleransi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi dan pendekatan efektif yang diterapkan oleh guru agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi. Metode penelitian melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru agama, dan analisis materi pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa peran guru agama di SDN 41 Hulontalangi tidak hanya sebagai penyampai ajaran agama, tetapi juga sebagai fasilitator dialog terbuka mengenai perbedaan agama. Integrasi nilai-nilai toleransi dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian integral dari pendekatan ini. Artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana lingkungan sekolah dapat memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa yang menghargai keberagaman agama. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk meningkatkan praktik pengajaran agama yang mendukung nilai-nilai toleransi di sekolah dasar dan lingkungan pendidikan serupa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...