Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 6 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Revisit Intention di Taman Impian Jaya Ancol

Melisa Lutfi Nur Andini1 (Unknown)
Andi Muhammad Sadat (Unknown)
Dewi Agustin Pratama Sari (Unknown)
Ika Febrilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dan signifikan service quality dan perceived value terhadap revisit intention yang dimediasi oleh satisfaction. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu Google Form yang penyebarannya dilakukan secara online melalui platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Telegram, dan Tiktok. Objek wisata pada Taman Impian Jaya Ancol yang akan diteliti pada penelitian ini berfokus pada kawasan pantai di Ancol karena harga tiket masuk hanya bisa digunakan untuk menikmati kawasan Taman Impian Jaya Ancol seperti pantai, ecopark dan ecomarket. Sedangkan, rekreasi wisata lain akan dibebankan biaya masuk tambahan. Sehingga, Objek pada penelitian ini adalah pengunjung yang pernah melakukan kunjungan ke pantai di Taman Impian Jaya Ancol minimal satu kali dalam enam bulan terakhir yang berdomisili di Jabodetabek dan berumur minimal 18 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 230 responden. Penelitian ini menggunakan SmartPLS untuk melakukan analisis dan pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa service quality, perceived value dan satisfaction terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention, service quality dan perceived value terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap satisfaction, service qualityterbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention melalui satisfaction, dan perceived value terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention melalui satisfaction. Hal ini menunjukkan bahwa jika service quality dan perceived value yang dirasakan oleh pengunjung baik maka pengunjung akan merasakan satisfaction; jika service quality, perceived value dan satisfaction yang dirasakan oleh pengunjung baik maka pengunjung akan melakukan kunjungan kembali atau revisit; dan jika service quality dan perceived value yang dirasakan oleh pengunjung melalui satisfaction baik maka pengunjung akan melakukan kunjungan kembali atau revisit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...