ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENERAPAN STRATEGI GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS 4 DI MI NURUL IMAN SEKINCAU

Latifatul Fitri Nabila A, Annisa (Unknown)
Zulhannan, Zulhannan (Unknown)
Nur Mizan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of gamification strategies in improving Arabic language learning outcomes among fourth-grade students at MI Nurul Iman Sekincau. Gamification, which integrates game elements such as points, challenges, and rewards into the learning process, is designed to create a more interactive and engaging classroom environment. The research employed a Classroom Action Research (CAR) approach using the Kemmis and McTaggart model, carried out in two cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were 36 students, and data collection techniques included vocabulary mastery tests, observations, and interviews with both teachers and students. Data were analyzed using descriptive quantitative methods to assess the level of student achievement in Arabic learning. The findings revealed that the gamification strategy effectively increased student engagement, improved vocabulary retention, and enhanced motivation to learn. The percentage of students achieving the minimum learning criteria rose from 38% in the pre-cycle phase to 91% by the end of the second cycle. These results indicate that gamification can serve as an innovative solution to improve Arabic learning outcomes, especially in primary education settings. Moreover, the study emphasizes the importance of using student-centered and motivational approaches in language instruction to foster better learning experiences and academic performance. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi gamifikasi dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV MI Nurul Iman Sekincau. Gamifikasi yang mengintegrasikan elemen permainan seperti poin, tantangan, dan hadiah ke dalam proses pembelajaran dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 36 siswa, dengan teknik pengumpulan data meliputi tes penguasaan mufradat, observasi, dan wawancara dengan guru serta siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk menilai tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi gamifikasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat daya ingat terhadap kosakata, serta meningkatkan motivasi belajar. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 38% pada tahap pra-siklus menjadi 91% pada akhir siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa gamifikasi merupakan pendekatan inovatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memotivasi, guna menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berdampak positif terhadap prestasi akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...